Manfaat VPN

VPN merupakan paket solusi komunikasi data (baik berupa data suara, video, atau file digital lainnya) yang memberikan layanan berbasis IP ke end user. Layanan VPN dapat mengirimkan data antar-dua komputer yang melewati jaringan publik, misal nya Internet, sehingga seolah- olah terhubung secara point to point.

Beberapa manfaat dari VPN (Virtual Private Network) adalah sebagai berikut :

  1. Fleksibilitas. Saat ini kebutuhan akan jaringan dan koneksi internet semakin pesat, Sehingga kebutuhan akan VPN juga menjadi berkembang begitu pesat. Fleksibilitas dapat dicapai apabila pengguna terkoneksi dengan jaringan internet dan mendapat izin menggunakan VPN. Setiap pengguna dapat tergabung dalam VPN yang telah dibangun tan terbatas oleh jarak dan waktu.
  2. Kemudahan pengaturan dan administrasi. Keseluruhan VPN dapat diatur dalam server VPN sendiri. Untuk dapat digunakan oleh client, perlu di install aplikasi VPN pada komputer client. Hal ini tentu lebih mudah jika dibandingkan dengan menggunakan leased line yang masih perlu memonitor modem.
  3. Biaya lebih murah. Jaringan leased line memerlukan biaya yang sangat mahal. Oleh sebab itu VPN merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. VPN dibangun dengan menggunakan jaringan milik publik tanpa perlu membangun jaringan pribadi. Apabila ingin menggunakan VPN hanya perlu terkoneksi dengan internet.
  4. Meminimalisasi kerumitan pengaturan dengan teknologi Tunneling. Koneksi pribadi dalam VPN dapat terjadi dimana saja selama terdapat tunneling (terowongan) sebagai kunci utama pada VPN yang menghubungkan antara pengirim dan penerima data. Dengan adanya tunnel maka tidak memerlukan pengaturan lain yang ada diluar tunnel tersebut, selama sumber daya tunnel dapat menjangkau tujuannya.
  5. Kemampuan membentuk jaringan LAN yang tidak di batasi tempat dan waktu, karena koneksitasnya dilakukan via internet. Koneksi internet apapun dapat digunakan seperti Dial-Up, ADSL, Cable Modem, WIFI, 3G, CDMA Net, GPRS, dan sistem PVN ini paling tepat digunakan untuk penggunaan suatu database terpusat untuk mengkomunikasikan antara server dan client via internet seperti Aplikasi Perdagangan, Purchase, P.O.S, Accounting, Cashir, Billing system, General Ledger, dll.
  6. Tidak ada ketergantungan terhadap keharusan memiliki IP Publik yang berharga mahal. Cukup menggunakan IP dynamic saja dengan kata lain asal PC anda bisa berinternet.
  7. Mampu mencetak dokumen dari rumah kekantor via internet.
  8. Mampu melakukan transfer data atau remote view untuk mengendalikan komputer di rumah/kantor anda dimana saja
  9. Tidak membutuhkan Peralatan/hardware tambahan yang berfungsi sebagai IP forwarder/Port Forwader yang menambah investasi anda.
  10. Dapat melakukan koneksitas dengan PC dikantor anda misalnya dengan memanfaatkan software yang bekerja dijaringan LAN seperti Citrix, Windows Terminal Server 2003, VNC, Radmin, VOIP, dll
  11. Dengan menggunakan software yang bekerja dijaringan LAN anda dapat melakukan pertukaran data secara langsung, Printing , Remote View, mengatur administrasi PC anda, yang kesemua itu dapat dilakukan dimanapun anda berada selama anda bisa terhubung ke internet
  12. Dapat mengakses akses yang diblok.
  13. Berselancar dengan aman ketika di akses internet publik / hotspot.
  14. Jika perusahaan ingin mengoptimalkan biaya untuk membangun jaringan mereka yang luas. Oleh karena itu VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada.
  15. Jangkauan jaringan lokal yang dimiliki suatu perusahaan akan menjadi luas, sehingga perusahaan dapat mengembangkan bisnisnya di daerah lain. Waktu yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan lokal ke tempat lain juga semakin cepat, karena proses instalasi infrastruktur jaringan dilakukan dari perusahaan/kantor cabang yang baru dengan ISP terdekat di daerahnya. Penggunaan VPN secara tidak langsung akan meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.
  16. Penggunaaan VPN dapat mengurangi biaya operasional bila dibandingkan dengan penggunaan leased line sebagai cara tradisional untuk mengimplementasikan WAN.
  17. VPN dapat mengurangi biaya pembuatan jaringan karena tidak membutuhkan kabel (leased line) yang panjang. Penggunaan kabel yang panjang akan membutuhkan biaya produksi yang sangat besar. Semakin jauh jarak yang diinginkan, semakin meningkat pula biaya produksinya.
  18. VPN menggunakan internet sebagai media komunikasinya. Perusahaan hanya membutuhkan biaya dalam jumlah yang relatif kecil untuk menghubungkan perusahaan tersebut dengan pihak ISP (internet service provider) terdekat.
  19. Penggunaan VPN akan meningkatkan skalabilitas.
  20. VPN memberi kemudahan untuk diakses dari mana saja, karena VPN terhubung ke internet. Sehingga pegawai yang mobile dapat mengakses jaringan khusus perusahaan di manapun dia berada. Selama dia bisa mendapatkan akses ke internet ke ISP terdekat, pegawai tersebut tetap dapat melakukan koneksi dengan jaringan khusus perusahaan.

Leave a Comment