Kelebihan dan Kekurangan VPN

VPN (Virtual Private Network) Adalah sebuah layanan yang memberikan akses ke jaringan secara aman dan pribadi atau private. Dalam penggunaanya ada beberapa kelebihan dan kekurangan VPN yang dapat anda ketahui. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan VPN.

  • Kelebihan VPN
    1. Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
    2. Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa berselancar dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
    3. Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
    4. Virtual Private Networks adalah solusi biaya efektif untuk organisasi bisnis besar dengan fasilitas jaringan khusus
    5. Meningkatkan mobilitas organisasi dengan langsung menghubungkan jaringan rumah atau para pekerja yang mobile di organisasi
  • Kekurangan VPN
    1. Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya “menumpang” koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
    2. Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.

Leave a Comment