Multi Router Traffic Grapher (MRTG)

Apa itu MRTG ?

MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor. Grafik ini sudah termasuk dalam halaman web yang dapat dilihat dari web-browser. MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir, empat minggu terakhir dan dua belas bulan terakhir. Hal ini memungkinkan karna MRTG menyimpan log dari semua data trafik yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati. MRTG tidak hanya terbatas untuk memonitor trafik yang lewat pada interface saja, software ini juga memungkinkan pengguna untuk memonitor variabel SNMP sesuai dengan pilihan pengguna, selain itu biasanya pengguna MRTG ini menggunakannya untuk memonitor sistem load, sesi login, ketersediaan modem dan sebagainya.

Sejarah MRTG

Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Hal ini membuat user sangat tertarik untuk mengetahui keadaan status jaringan terutama pada router utamanya. Pada situasi seperti ini membuat sang penemu Tobias Oetiker membuat program yang membuat update secara periodic dalam bentuk graphic berbasis web tentang load trafik link internet (router utama). Setiap lima menit program tersebut meminta data “octet counter” dari gateway router universitas De Montfort di kota Leicester, UK tempat Tobias Oetiker ini bekerja. Hal ini nantinya dikembangkan dalam bentuk skrip perl yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang disebut MRTG-1 pada saat beliau mengeluarkan pada internet pada tahun 1995.Pada saat pertama kali digunakan umum penemu banyak menerima komplain dari pengguna karna software ciptaanya berjalan sangat lambat. Menurut beliau hal ini dikarenakan program ciptaanya sangat tidak efisien dan semua krip ditulis dalam bahasa pemrograman perl, kemudian dibantu oleh seorang temannya Dave Rand menulis ulang semua program MRTG-1 semua skrip-skripnya ditulis ulang kedalam bahasa C, ternyata hal ini dapat meningkatkan kecepatan dari MRTG-1 dengan factor 40 kali. Keberadaan MRTG dengan memonitoring web-based ini tidak meningkatkan kapasitas link jaringan, tapi data trafik yang disediakan oleh MRTG ini dapat menjadi acuan bagi admin jaringan untuk melihat apakah link jaringan yang ada masih layak digunakan atau perlu tambahan bandwitch lagi.

Cara Kerja MRTG

Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

Konfigurasi ini yang mengakibatkan MRTG terbatas untuk memonitor sekitar dua puluh router dari workstation.Kendala lain yang sangat potensial bagi user adalahtool smnpget dari package CMU SNMP yang diperlukan oleh MRTG untuk mengumpulkan data. Paket CMU SNMP ini sangat sulit untuk dikompilasi pada berbagai macam platform waktu itu.Karena keterbatasan-keterbatasan diatas maka penemu dan rekannya melakukan perombakan pada MRTG versi pertama, mereka membuat sebuah program rateup yang memecah MRTG dalam masalah kinerja dengan mengimplementasikan dua hal subprogram dalam MRTG yang menghabiskan CPU paling banyak dalam bahasa C dan menghilangkan subprogram tersebut ke dalam skrip perl MRTG.

Rateup ini melakukan penulisan ke file log dan menggambar grafik. Masalah portabilitas SNMP diselesaikan dengan mengganti snmpget dari CMU SNMO ke modul SNMP perl yang ditulis dalam bahasa perl secara murni, dengan begitu masalah platform dapat teratasi. Asumsi dasar untuk mendesain file log MRTG versi baru adalah ketertarikan pada informasi secara detail tentang load jaringan dikurangi secara proporsional dalam satuan waktu untuk memungkinkan antara koleksi data dan analisisnya, konfigurasi ini memungkinkan implementasi dari file log yang menyimpan data trafik dengan mengurangi resolusi ke dalam masa lalu.

Kerjakan tugas dibawah ini !

Buatlah kesimpulan dari materi monitoring jaringan diatas !

28 thoughts on “Multi Router Traffic Grapher (MRTG)”

  1. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan .Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer.Cara Kerja MRTG:
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif

  2. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor. MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir, empat minggu terakhir dan dua belas bulan terakhir. Hal ini memungkinkan karna MRTG menyimpan log dari semua data trafik yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati.

  3. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

  4. Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Pada situasi seperti ini membuat sang penemu Tobias Oetiker membuat program yang membuat update secara periodic dalam bentuk graphic berbasis web tentang load trafik link internet . Hal ini nantinya dikembangkan dalam bentuk skrip perl yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang disebut MRTG-1 pada saat beliau mengeluarkan pada internet pada tahun 1995. Keberadaan MRTG dengan memonitoring web-based ini tidak meningkatkan kapasitas link jaringan, tapi data trafik yang disediakan oleh MRTG ini dapat menjadi acuan bagi admin jaringan untuk melihat apakah link jaringan yang ada masih layak digunakan atau perlu tambahan bandwitch lagi.

  5. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

  6. – Kesimpulan dari materi tersebut yaitu tentang MATA (Multi Router Traffic Grapher) adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan penggunaan MRTG ini dapat menghasilkan HTML yang berisi gambar yang didalamnya menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan traffic jaringan sehingga membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.
    – Sedangkan jika dilihat dari sisi sejarahnya MRTG pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu sambungan internet mempunyai kecepatan 64 kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer, itulah latar belakang dari adanya MRTG.
    – Cara kerja MRTG yaitu dengan data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap 5 menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instan digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. Kemudian grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool PNM to gif.

  7. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

    MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor. Grafik ini sudah termasuk dalam halaman web yang dapat dilihat dari web-browser. MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir, empat minggu terakhir dan dua belas bulan terakhir. Hal ini memungkinkan karna MRTG menyimpan log dari semua data trafik yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati. MRTG tidak hanya terbatas untuk memonitor trafik yang lewat pada interface saja, software ini juga memungkinkan pengguna untuk memonitor variabel SNMP sesuai dengan pilihan pengguna, selain itu biasanya pengguna MRTG ini menggunakannya untuk memonitor sistem load, sesi login, ketersediaan modem dan sebagainya.

  8. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

  9. Menurut kesimpulan saya: multi router traffic grapher adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring traffic pada jaringan.
    MRTG dibuat pertama kali oleh Tobias oetiker pada tahun 1994
    cara kerja MRTG : data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.

  10. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.
    Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Hal ini membuat user sangat tertarik untuk mengetahui keadaan status jaringan terutama pada router utamanya.

  11. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

    Sejarah MRTG
    Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 , memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer.

    Cara Kerja MRTG
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

    Kesimpulan nya adalah menjelaskan pengertian Multi Router Traffic Grapher (MRTG)

  12. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.
    MRTG menyimpan log dari semua data trafik yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati. MRTG tidak hanya terbatas untuk memonitor trafik yang lewat pada interface saja, software ini juga memungkinkan pengguna untuk memonitor variabel SNMP sesuai dengan pilihan pengguna, selain itu biasanya pengguna MRTG ini menggunakannya untuk memonitor sistem load, sesi login, ketersediaan modem dan sebagainya

  13. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

    Sejarah MRTG
    Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 , memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer.

    Cara Kerja MRTG
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

    Kesimpulan nya adalah menjelaskan pengertian serta sejarah Multi Router Traffic Grapher (MRTG) dan cara kerjanya

  14. Menurut saya, kesimpulannya: multi router traffic grapher adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring traffic pada jaringan.
    MRTG dibuat pertamakali oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994.
    Cara kerja MRTG : data hasil logging olah mrtg disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh mrtg dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.

  15. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.
    Seharah Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer.
    Cara kerja : Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

  16. Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Pada situasi seperti ini membuat sang penemu Tobias Oetiker membuat program yang membuat update secara periodic dalam bentuk graphic berbasis web tentang load trafik link internet . Hal ini nantinya dikembangkan dalam bentuk skrip perl yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang disebut MRTG-1 pada saat beliau mengeluarkan pada internet pada tahun 1995. Keberadaan MRTG dengan memonitoring web-based ini tidak meningkatkan kapasitas link jaringan, tapi data trafik yang disediakan oleh MRTG ini dapat menjadi acuan bagi admin jaringan untuk melihat apakah link jaringan yang ada masih layak digunakan atau perlu tambahan bandwitch lagi.

  17. A.) Apa itu MRTG ?
    MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor. MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir, empat minggu terakhir dan dua belas bulan terakhir. Hal ini memungkinkan karna MRTG menyimpan log dari semua data trafik yang telah dikumpulkan dari peralatan yang diamati.

    B.) Sejarah MRTG
    Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Hal ini membuat user sangat tertarik untuk mengetahui keadaan status jaringan terutama pada router utamanya. Pada situasi seperti ini membuat sang penemu Tobias Oetiker membuat program yang membuat update secara periodic dalam bentuk graphic berbasis web tentang load trafik link internet (router utama). Setiap lima menit program tersebut meminta data “octet counter” dari gateway router universitas De Montfort di kota Leicester, UK tempat Tobias Oetiker ini bekerja. Hal ini nantinya dikembangkan dalam bentuk skrip perl yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang disebut MRTG-1 pada saat beliau mengeluarkan pada internet pada tahun 1995.Pada saat pertama kali digunakan umum penemu banyak menerima komplain dari pengguna karna software ciptaanya berjalan sangat lambat. Menurut beliau hal ini dikarenakan program ciptaanya sangat tidak efisien dan semua krip ditulis dalam bahasa pemrograman perl, kemudian dibantu oleh seorang temannya Dave Rand menulis ulang semua program MRTG-1 semua skrip-skripnya ditulis ulang kedalam bahasa C, ternyata hal ini dapat meningkatkan kecepatan dari MRTG-1 dengan factor 40 kali. Keberadaan MRTG dengan memonitoring web-based ini tidak meningkatkan kapasitas link jaringan, tapi data trafik yang disediakan oleh MRTG ini dapat menjadi acuan bagi admin jaringan untuk melihat apakah link jaringan yang ada masih layak digunakan atau perlu tambahan bandwitch lagi.

    C.) Cara Kerja MRTG
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.
    Konfigurasi ini yang mengakibatkan MRTG terbatas untuk memonitor sekitar dua puluh router dari workstation.Kendala lain yang sangat potensial bagi user adalahtool smnpget dari package CMU SNMP yang diperlukan oleh MRTG untuk mengumpulkan data. Paket CMU SNMP ini sangat sulit untuk dikompilasi pada berbagai macam platform waktu itu.Karena keterbatasan-keterbatasan diatas maka penemu dan rekannya melakukan perombakan pada MRTG versi pertama, mereka membuat sebuah program rateup yang memecah MRTG dalam masalah kinerja dengan mengimplementasikan dua hal subprogram dalam MRTG yang menghabiskan CPU paling banyak dalam bahasa C dan menghilangkan subprogram tersebut ke dalam skrip perl MRTG. Rateup ini melakukan penulisan ke file log dan menggambar grafik. Masalah portabilitas SNMP diselesaikan dengan mengganti snmpget dari CMU SNMO ke modul SNMP perl yang ditulis dalam bahasa perl secara murni, dengan begitu masalah platform dapat teratasi. Asumsi dasar untuk mendesain file log MRTG versi baru adalah ketertarikan pada informasi secara detail tentang load jaringan dikurangi secara proporsional dalam satuan waktu untuk memungkinkan antara koleksi data dan analisisnya, konfigurasi ini memungkinkan implementasi dari file log yang menyimpan data trafik dengan mengurangi resolusi ke dalam masa lalu.

  18. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.
    Multi Router Traffic Grapher (MRTG) pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994.
    Cara Kerja MRTG: data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.

  19. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan .Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer.Cara Kerja MRTG:
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

  20. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.
    MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor.
    MRTG juga membuat representasi visual dari trafik yang terlihat selama tujuh hari terakhir, empat minggu terakhir dan dua belas bulan terakhir.
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.
    Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

  21. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.
    Penggunaan MRTG menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.

  22. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik
    Cara kerjanya
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.

  23. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan
    Cara kerjanya :
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali. File logging tersebut hanya digunakan untuk menyimpan data yang dibutuhkan untuk menggambar pada halaman web. Grafik ini dikonversi ke format GIF dari format PNM menggunakan tool pnmtogif.

  24. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.cara kerjanya Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.

  25. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan. Penggunaan MRTG ini nantinya menghasilkan halaman HTML yang berisi gambar yang menyediakan visualisasi secara langsung mengenai keadaan trafik jaringan sehingga dapat membantu administrator jaringan dalam memantau keadaan jaringannya.MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor. Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer. Hal ini membuat user sangat tertarik untuk mengetahui keadaan status jaringan terutama pada router utamanya. Pada situasi seperti ini membuat sang penemu Tobias Oetiker membuat program yang membuat update secara periodic dalam bentuk graphic berbasis web tentang load trafik link internet (router utama). Setiap lima menit program tersebut meminta data “octet counter” dari gateway router universitas De Montfort di kota Leicester, UK tempat Tobias Oetiker ini bekerja. Hal ini nantinya dikembangkan dalam bentuk skrip perl yang dapat dikonfigurasi dengan mudah yang disebut MRTG-1 pada saat beliau mengeluarkan pada internet pada tahun 1995.

  26. MRTG adalah sebuah tool yang digunakan oleh seorang admin jaringan untuk memonitoring trafik pada jaringan.
    MRTG terdiri atas skrip perl yang menggunakan SNMP untuk membaca counter trafik yang masuk atau keluar dari router atau peralatan jaringan anda dan program C yang akan mencatat data trafik ke dalam file database dan membuat grafik yang indah yang menggambarkan trafik pada jaringan yang anda monitor.

    Multi Router Traffic Grapher pertama kali dibuat oleh Tobias Oetiker pada tahun 1994 pada saat itu jaringan internet yang dipunya oleh sang penemu memiliki sambungan internet dengan kecepatan 64 Kbps yang menghubungkan lebih dari 1000 unit komputer.

    Cara kerja MRTG :
    Data hasil logging olah MRTG disimpan dalam file ASCII, file ini akan ditulis ulang setiap lima menit sekali sesuai dengan update yang dilakukan oleh MRTG dan secara instant digabungkan dan dianalisis sehingga file logging tersebut membesarnya terkendali.

Leave a Comment