Tutorial Konfigurasi FTP Server pada Debian 10

FTP (File Transfer Protocol)

FTP (File Transfer Protocol) adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke suatu server khusus untuk melakukan transfer file. FTP adalah protokol yang paling banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, memindahkan file dari tempat satu ke tempat lainya.

Instalasi Aplikasi proftpd

Paket aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat ftp server adalah proftpd, yang pertama pastikan komputer sudah memiliki repository dan tersambung ke repository tersebut.
gunakan superuser / root untuk melakukan pemasangan aplikasi proftpd.

apt-get install proftpd

Konfigurasi proftpd

Kita akan melakukan konfigurasi dasar untuk proftpd, dimana nanti akses ftp akan dilakukan setiap user yang ada. Gunakan akses superuser / root untuk mengubah file konfigurasi, dengan mengetikkan perintah :

nano /etc/proftpd/proftpd.conf

lalu akan muncul file konfigurasi dari proftpd, cari pengaturan DefaultRoot lalu hapus komentar yaitu tanda #

DefaultRoot merupakan directori utama ketika user mengakses ftp, disini DefaultRoot kita arahkan ke ~ , tanda ~ di linux berarti home directori dari user yang sedang aktif. jadi maksud dari pengaturan ini adalah ketika ada user masuk dan mengakses ftp, maka DefaultRoot adalah home directori dari user tersebut.

Kita juga bisa mengubah DefaultRoot ke directori lain sesuai kebutuhan, DefaultRoot akan membatasi user yang mengakses ftp karena hanya bisa membuka folder yang sudah ditentukan.

Setelah melakukan konfigurasi file proftpd.conf, kita harus melakuan restart service dengan mengetikkan pentiah :

/etc/init.d/proftp restart

Pengujian FTP Server

Pengujian FTP server dilakukan dengan cara membuka IP Address server dengan diawali protokol ftp:// seperti contoh dibawah ini.

ftp://192.168.1.1

Setelah membuka alamat diatas pada web browser, maka akan muncul dialog untuk login user. Silahkan Login menggunakan user biasa yang tersedia pada Debian 10 kita. Contoh akases FTP Server seperti gambar dibawah ini.

Kerjakan tugas dibawah ini !

Buatlah kesimpulan dari materi diatas !

Leave a Comment