Tutorial Konfigurasi Web Server Apache pada Debian 10

Web server adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai penerima permintaan yang dikirimkan melalui browser kemudian memberikan tanggapan permintaan dalam bentuk halaman situs web atau lebih umumnya dalam dokumen HTML. Beberapa web server paling banyak dipakai diantaranya ada apache, IIS, nginx dan masih banyak lagi. Cara instalasi web server apache adalah sebagai berikut :

Langkah pertama adalah memastikan bahwa server kita sudah memiliki IP Address. Pada langkah dibawah, Komputer server akan menggunakan IP Address 192.168.1.1.

Langkah kedua adalah melakukan instalasi paket aplikasi apache2 dengan mengetikkan perintah berikut :

apt-get install apache2

Langkah ketiga adalah melakukan pengujian terhadap web server yang sudah kita instal. Gunakan komputer klien lain yang terhubung ke jaringan yang sama, lalu buka browser dan maskan IP Address server debian kita. Lihat gambar dibawah !

Default file web apache berada pada /var/www/html , file web ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan web yang akan di buka secara default di browser nantinya. Untuk mengganti lokasi tempat penyimpanan web, dapat dilakukan dengan cara dibawah ini. Pertama tama kita edit file konfigurasi berikut :

nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf

Lihat gambar dibawah ini ! Baris yang ditandai merah adalah lokasi penyimpanan web server. Kita bisa mengganti lokasi tersebut sesuai kebutuhan sever.

Setelah selesai merubah lokasi penyimpanan web server, kita harus melakukan restart pada service apache. Perintahnya adalah sebagai berikut :

/etc/init.d/apache2 restart

Kerjakan tugas dibawah ini !

Buatlah kesimpulan dari materi diatas !

Leave a Comment