Tutorial Konfigurasi Remote Server pada Debian 10

Kemajuan teknologi membuat penggunanya dapat mengontrol perangkat yang jaraknya sangat jauh. Salah satunya adalah berkat adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH memungkinkan Anda untuk melakukan remote server atau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan internet. Apa itu SSH dan bagaimana cara kerjanya?

Apa itu SSH?

SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.

Berbeda dengan Telnet, koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Ketiganya merupakan teknik kriptografi yang menjamin koneksi yang terenkripsi. Itulah mengapa dinamakan SSH yang berasal dari kata Secure Shell Connection atau koneksi Shell yang aman.

Jika menggunakan SSH, Anda mempunyai opsi untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum melakukan koneksi. Selain itu, SSH juga dapat mengirimkan input dari SSH client ke host (server) kemudian mengirimkan kembali hasilnya kembali ke user client.

Jadi jika melakukan koneksi SSH ke alamat IP server, Anda dapat mengubah konfigurasi yang ada di dalam server sesuai dengan user yang dipakai. Kita bisa menggunakan SSH di sistem Windows dan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, terdapat aplikasi SSH yang cukup terkenal, yaitu Putty.

Jadi SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

Setelah mengetahui apa itu SSH, ada baiknya untuk tahu juga bagaimana cara kerja SSH.

Sumber dari www.niagahoster.co.id

Cara Kerja SSH

Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. Selama password yang dipakai SSH client tidak sama dengan SSH server maka koneksi tidak akan pernah dapat tersambung.

SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan password yang sama serta melalui proses verifikasi. Kemudian koneksi yang tersambung dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm. Proses enkripsi ini bertujuan untuk memastikan kerahasiaan dan keutuhan data yang dipertukarkan antara client dengan server.

Jadi SSH client mengawali koneksi dengan memanggil SSH server menggunakan aplikasi SSH client (PuTTY di Windows). Kemudian SSH server mengirimkan public key ke SSH client. Kemudian SSH client merespon dengan memberikan pasangan password yang diberikan oleh SSH server.

Selanjutnya keduanya melakukan negosiasi atau verifikasi koneksi dan memulai membuka koneksi yang aman. Setelah selesai, SSH client sudah dapat masuk ke dalam server dengan pertukaran data yang terus dienkripsi.

Sumber dari www.niagahoster.co.id

Remote Access (SSH Server)

Keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada. Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suatu system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet atau Jaringan tersebut.

Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

  1. Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
  2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

Instalasi SSH pada Debian 10 Buster

Dalam laman ini, kita fokus pada konfigurasi server menggunakan mode teks (CLI). Sehingga kita harus menggunakan Remote Access pada mode text juga, semisal SSH (Secure Shell). Hal tersebut dianggap lebih aman dalam transfer data melalui jaringan.

Perintah untuk instalasi aplikasi remote server pada Debian 10 adalah seperti dibawah

apt-get install openssh-server

Konfigurasi SSH

Setelah aplikasi terinstall, layanan SSH Server sudah langsung bisa kita gunakan melalui port default 22. Jika ingin mengkonfigurasi SSH Server tersebut, edit file sshd_config yang merupakan file konfigurasi utama pada SSH Server. Dalam file tersebut, kita bisa merubah settingan default yang ada. Misalnya merubah port default, ataupun menambah tampilan banner ssh agar menjadi lebih menarik.

Pengujian SSH

Untuk mengakses SSH Server melalui jaringan, dibutuhkan aplikasi tambahan yang dinamakan SSH Client. Secara default SSH Client ini sudah terinstall otomatis pada system operasi Debian.

Peintah untuk pengujian SSH melalui debian adalah sebagai berikut

ssh faisal@localhost

Tampilan hasil pengujian seperti gambar dibawah

Pengujian Remote Server menggunakan Putty di Windows

Padda sistem operasi Windows, secara default tidak terinstal aplikasi SSH Client. Yang ada hanyalah aplikasi Telnet Cilent. Untuk itu kita harus mendownload aplikasi SSH Client terlebih dahulu melalui website putty.org kemudian menjalankanya pada Komputer Windows seperti berikut.

Tuliskan IP address dan Port SSH komputer server kita pada kotak Host Name aplikasi Putty, kemudian tekan tombol Open untuk memulai remote access. Tampilan hasil pengujian adalah seperti gambar dibawah

Demikian materi tentang administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi Debian 10 Buster. Trimakasih

Jawablah pertanyaan dibawah !

  1. Buatlah kesimpulan dari materi Administrasi Sistem Jarak Jauh diatas !
  2. Tulis jawabanmu pada kolom komentar dibawah, Tuliskan Nama Lengkap dan Email pada kolom yang telah di sediakan !

96 thoughts on “Tutorial Konfigurasi Remote Server pada Debian 10”

  1. Kesimpulan saya adlh semakin majunya teknologi masa kini semua jadi lebih mudah cotoh seperti menggunakan protokol SSH memungkinkan pengguna melakukan remote server atau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan jarak jauh. Keuntungannya protokol SSH menggunakan mode client-server yang menjamin keamanan data pengguna dengan melakukan enkripsi disetiap pengiriman data

  2. Administrasi jarak jauh adalah suatu cara untuk mengontrol sistem dari jarak jauh. Sehingga memungkinkan admin untuk memperbaiki , atau mengkonfigurasi sistem tanpa harus mendatangi mesin. contoh: program yg cukup populer untuk remote admin adalah SSH PROTOCOL.

    Kelebihan jarak jauh:
    1. hemat biaya
    kelemahan jarak jauh:
    2. kejadian yg sesungguhnya tidak dapat diketahui secara langsung

    kelebihan secara langsung:
    1. kita langsung berada ditempat. jadi kalo ada kejadian apa kita tau
    kekurangan secara langsung:
    2. biayanya mahal

  3. Mematikan komputer melalui jarak jauh bukanlah hal yang sulit. Komputer yang akan dimatikan dalam konsep ini haruslah berbasiskan ip address karena ssh hanya akan bekerja melalui ip address yang harus di set dimasing-masing komputer.

  4. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  5. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  6. Kesimpulan yang bisa diambil dari materi ini adalah bahwa Secure Shell Connection (SSH)didefinisikan sebagai protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran yang aman antara dua perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan. SSH sangat populer,powerfull dan media keaman jaringan dengan pendekatan perangkat lunak. SSH memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.

  7. Kesimpulan yang bisa diambil dari materi ini adalah bahwa Secure Shell Connection (SSH)didefinisikan sebagai protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran yang aman antara dua perangkat yang terhubung dalam suatu jaringan. SSH sangat populer,powerfull dan media keaman jaringan dengan pendekatan perangkat lunak. SSH memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.

  8. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.

    Berbeda dengan Telnet, koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Ketiganya merupakan teknik kriptografi yang menjamin koneksi yang terenkripsi. Itulah mengapa dinamakan SSH yang berasal dari kata Secure Shell Connection atau koneksi Shell yang aman.

    Jika menggunakan SSH, Anda mempunyai opsi untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum melakukan koneksi. Selain itu, SSH juga dapat mengirimkan input dari SSH client ke host (server) kemudian mengirimkan kembali hasilnya kembali ke user client.

  9. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer

  10. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.

  11. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server.

  12. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  13. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  14. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  15. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer

  16. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan password yang sama serta melalui proses verifikasi. Kemudian koneksi yang tersambung dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm. Jadi SSH client mengawali koneksi dengan memanggil SSH server menggunakan aplikasi SSH client (PuTTY di Windows). Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

    Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial. Dalam laman ini, kita fokus pada konfigurasi server menggunakan mode teks (CLI). Sehingga kita harus menggunakan Remote Access pada mode text juga, semisal SSH (Secure Shell). Perintah untuk instalasi aplikasi remote server pada Debian 10 adalah seperti dibawah

    apt-get install openssh-server Jika ingin mengkonfigurasi SSH Server tersebut, edit file sshd_config yang merupakan file konfigurasi utama pada SSH Server. Misalnya merubah port default, ataupun menambah tampilan banner ssh agar menjadi lebih menarik. Secara default SSH Client ini sudah terinstall otomatis pada system operasi Debian.

    Peintah untuk pengujian SSH melalui debian adalah sebagai berikut

    ssh faisal@localhost
    Padda sistem operasi Windows, secara default tidak terinstal aplikasi SSH Client. Yang ada hanyalah aplikasi Telnet Cilent. Untuk itu kita harus mendownload aplikasi SSH Client terlebih dahulu melalui website putty.Tuliskan IP address dan Port SSH komputer server kita pada kotak Host Name aplikasi Putty, kemudian tekan tombol Open untuk memulai remote access.
    Demikian materi tentang administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi Debian 10 Buster.

  17. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan password yang sama serta melalui proses verifikasi. Kemudian koneksi yang tersambung dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm. Jadi SSH client mengawali koneksi dengan memanggil SSH server menggunakan aplikasi SSH client (PuTTY di Windows). Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

    Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial. Dalam laman ini, kita fokus pada konfigurasi server menggunakan mode teks (CLI). Sehingga kita harus menggunakan Remote Access pada mode text juga, semisal SSH (Secure Shell). Perintah untuk instalasi aplikasi remote server pada Debian 10 adalah seperti dibawah

    apt-get install openssh-server Jika ingin mengkonfigurasi SSH Server tersebut, edit file sshd_config yang merupakan file konfigurasi utama pada SSH Server. Misalnya merubah port default, ataupun menambah tampilan banner ssh agar menjadi lebih menarik. Secara default SSH Client ini sudah terinstall otomatis pada system operasi Debian.

    Peintah untuk pengujian SSH melalui debian adalah sebagai berikut

    ssh faisal@localhost
    Padda sistem operasi Windows, secara default tidak terinstal aplikasi SSH Client. Yang ada hanyalah aplikasi Telnet Cilent. Untuk itu kita harus mendownload aplikasi SSH Client terlebih dahulu melalui website putty.Tuliskan IP address dan Port SSH komputer server kita pada kotak Host Name aplikasi Putty, kemudian tekan tombol Open untuk memulai remote access.
    Demikian materi tentang administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi Debian 10 Buster.

  18. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer

  19. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  20. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  21. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan password yang sama serta melalui proses verifikasi. Kemudian koneksi yang tersambung dienkripsi menggunakan symmetric encryption dan hashing algorithm. Jadi SSH client mengawali koneksi dengan memanggil SSH server menggunakan aplikasi SSH client (PuTTY di Windows). Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

    Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial. Dalam laman ini, kita fokus pada konfigurasi server menggunakan mode teks (CLI). Sehingga kita harus menggunakan Remote Access pada mode text juga, semisal SSH (Secure Shell). Perintah untuk instalasi aplikasi remote server pada Debian 10 adalah seperti dibawah

    apt-get install openssh-server Jika ingin mengkonfigurasi SSH Server tersebut, edit file sshd_config yang merupakan file konfigurasi utama pada SSH Server. Misalnya merubah port default, ataupun menambah tampilan banner ssh agar menjadi lebih menarik. Secara default SSH Client ini sudah terinstall otomatis pada system operasi Debian.

    Peintah untuk pengujian SSH melalui debian adalah sebagai berikut

    ssh faisal@localhost
    Padda sistem operasi Windows, secara default tidak terinstal aplikasi SSH Client. Yang ada hanyalah aplikasi Telnet Cilent. Untuk itu kita harus mendownload aplikasi SSH Client terlebih dahulu melalui website putty.Tuliskan IP address dan Port SSH komputer server kita pada kotak Host Name aplikasi Putty, kemudian tekan tombol Open untuk memulai remote access.
    Demikian materi tentang administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi Debian 10 Buster. Trimakasih

  22. Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server.
    (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  23. Administrasi jarak jauh adalah suatu cara untuk mengontrol sistem dari jarak jauh. Sehingga memungkinkan admin untuk memperbaiki , atau mengkonfigurasi sistem tanpa harus mendatangi mesin. contoh: program yg cukup populer untuk remote admin adalah SSH PROTOCOL.

  24. Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer.

  25. Administrasi Sistem Jarak Jauh
    Posted by: Taufiqullah May 7, 2020 2,189 Views

    Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server. Administrasi sistem Linux dapat bermacam-macam diantaranya adalah instalasi aplikasi, update sistem, dan backup data. Di Linux terdapat banyak aplikasi yang memungkinkan user untuk mengakses komputer dari jarak jauh. SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol akses jarak jauh yang banyak digunakan di Linux.

    Protokol ini digunakan karena memiliki fitur enkripsi data. Ini penting agar kecil kemungkinan dilakukannya penyadapan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. OpenSSH merupakan salah satu aplikasi yang menerapkan protokol SSH ini. Melalui aplikasi ini akses ke komputer server dapat dilakukan dari komputer lain dalam mode teks. Aplikasi ini terdiri dari dua bagian, aplikasi server dan klien. Aplikasi server merupakan aplikasi yang memberikan akses terhadap terminal suatu sistem komputer kepada user dari komputer yang berbeda.

    Sedangkan aplikasi klien adalah aplikasi yang digunakan oleh user untuk mengakses terminal jarak jauh ini (server SSH). Secara default aplikasi ini belum terinstal. Selain dapat digunakan untuk mengakses terminal dari jarak jauh. Protokol SSH ini juga dapat digunakan untuk berkirim file. Sebagai aplikasi kliennya adalah:
    – ssh, program yang dijalankan melalui terminal di Linux
    – putty, program klien SSH yang dapat dijalankan di command prompt dan juga memiliki tampilan GUI.
    – Aplikasi manajemen file yang telah menyertakan protokol SSH untuk dapat mengakses server SSH, seperti Files, Dolphin dan Nautilus di Linux dan WInSCP di Windows.

  26. adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.

  27. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.

  28. Kesimpulan :
    SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  29. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa SSH adalah sebuah protokol administrasi di dalam server yang memungkinkan pengguna bisa mengakses dan memodifikasi peraturan di dalamnya.
    Cara kerja SSH menggunakan model client server jadi dengan begitu kita tidak perlu datang ke lokasi server.
    Kita juga dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat.

  30. Kesimpulan keunggulan SSH adalah memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  31. Kesimpulan
    SSH adalah salah satu hal yang sangat perlu di pelajari, terutama jika ingin menjadi programmer. Apalagi jika sering berhubungan dengan koneksi client-server.
    Keunggulan SSH mampu mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya. Ada banyak juga keunggulan lainnya yang bisa digunakan oleh pengguna terkait SSH.

  32. Jadi menurut kesimpulan saya,SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam peraturan maupun file yang ada di dalam server.
    SSH dapat mengirimkan input dari
    SSH client ke host (server).
    Kemudian mengirimkan kembali hasilnya ke user client.
    “Cara kerja SSH”
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan mode client- server.
    Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melalukan proses
    Koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifilasi dan mengidentifikasi SSH server.

  33. kesimpulan saya,SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing.Jika menggunakan SSH, Anda mempunyai opsi untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum melakukan koneksi.

    Cara kerja protokol SSH dengan menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server.

    Remote access(ssh server) dibagi menjadi 2 yaitu Mode Desktop dan Mode Teks.Keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada. Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan.

  34. Jadi menurut kesimpulan saya,
    SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Koneksi ssh dienkripsi menggunakan beberapa teknologi enkripsi simetris,enkripsi asimetris,dan hasing.
    Cara kerja menggunakan model client-server,jadi ssh memudahkan anda untuk mengelolah server tanpa harus datang kelokasi fisik server.

    Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

    1.Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    2.Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial

  35. Jadi menurut kesimpulan saya,
    SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Koneksi ssh dienkripsi menggunakan beberapa teknologi enkripsi simetris,enkripsi asimetris,dan hasing.
    Cara kerja menggunakan model client-server,jadi ssh memudahkan anda untuk mengelolah server tanpa harus datang kelokasi fisik server.

    Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

    1.Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    2.Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial

  36. Jadi menurut kesimpulan saya jaringan komputer sangat membantu dalam bidang komunikasi, yang di antaranya keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada. Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suatu system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet atau Jaringan tersebut.

  37. Jadi menurut kesimpulan saya jaringan komputer sangat membantu dalam bidang komunikasi, yang di antaranya keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada. Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suatu system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet atau Jaringan tersebut.

  38. Jadi menurut kesimpulan saya,SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing.
    Cara kerja protokol SSH dengan menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server.Remote access(ssh server) dibagi menjadi 2 yaitu Mode Desktop dan Mode Teks

  39. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.Berbeda dengan Telnet, koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server Remote access(ssh server) dibagi menjadi 2 yaitu mode dekstop/GUI dan mode teks.

  40. Jadi menurut kesimpulan saya, SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi. Koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Ketiganya merupakan teknik kriptografi yang menjamin koneksi yang terenkripsi. Itulah mengapa dinamakan SSH yang berasal dari kata Secure Shell Connection atau koneksi Shell yang aman. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. Secara umum, Remote Access (SSH Server) dibagi menjadi dua jenis, yaitu :
    – Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    – Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

  41. SSH merupakan protokol yang aman jika kita ingin melalukan remoting pada suatu jaringan bebas. Dengan SSH, kita bisa melakukan berbagai macam hal seperti SFTP untuk transfer file, resync dan hal lain dengan komunikasi data yang sudah terenkripsi.

  42. H adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.

    Berbeda dengan Telnet, koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Ketiganya merupakan teknik kriptografi yang menjamin koneksi yang terenkripsi. Itulah mengapa dinamakan SSH yang berasal dari kata Secure Shell Connection atau koneksi Shell yang aman.

    Jika menggunakan SSH, Anda mempunyai opsi untuk melakukan autentikasi pengguna remote sebelum melakukan koneksi. Selain itu, SSH juga dapat mengirimkan input dari SSH client ke host (server) kemudian mengirimkan kembali hasilnya kembali ke user client.

    Jadi jika melakukan koneksi SSH ke alamat IP server, Anda dapat mengubah konfigurasi yang ada di dalam server sesuai dengan user yang dipakai. Kita bisa menggunakan SSH di sistem Windows dan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, terdapat aplikasi SSH yang cukup terkenal, yaitu Putty.

    Jadi SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanp

    Cara Kerja SSH

    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. Selama password yang dipakai SSH client tidak sama dengan SSH server maka koneksi tidak akan pernah dapat tersambung.

  43. Keuntungannya yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada. Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan. Sehingga kita dapat mengkonfigurasi suatu system, dimanapun kita berada asalkan terkoneksi ke Internet atau Jaringan tersebut.

  44. jadi menurut kesimpulan saya,ssh adalah
    sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server.
    Keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada.

  45. SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol akses jarak jauh yang banyak digunakan di Linux.Protokol ini digunakan karena memiliki fitur enkripsi data.SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan password yang sama serta melalui proses verifikasi

  46. Jadi menurut kesimpulan saya, SSH merupakan salah satu protokol akses jarak jauh yang banyak digunakan di Linux. Protokol ini digunakan karena memiliki fitur enkripsi data. Dan cara kerja protokol SSH menggunakan model client dan server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client dan SSH server dapat tersambung menggunakan password yang sama serta melalui proses verifikasi. Selama password yang dipakai SSH client tidak sama dengan SSH server maka koneksi tidak akan pernah dapat tersambung. Jadi SSH client mengawali koneksi dengan memanggil SSH server menggunakan aplikasi SSH client (PuTTY di Windows).Untuk mengakses SSH Server melalui jaringan, dibutuhkan aplikasi tambahan yang dinamakan SSH Client.

  47. Jadi menurut saya kesimpulannya adalah protokol aman yang digunakan sebagai sarana utama untuk menghubungkan ke server Linux dari jarak jauh. Menyediakan antarmuka berbasis teks dengan pemijahan shell jarak jauh. Setelah tersambung, semua perintah yang di ketik di terminal lokal dikirim ke server jarak jauh dan dijalankan di sana.SSH adalah singkatan dari Secure Shell dan menyediakan cara yang aman dan aman untuk mengeksekusi perintah, membuat perubahan, dan mengonfigurasi layanan dari jarak jauh. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.

  48. SSH adalah sebuah protokol administrasi di dalam server yang memungkinkan pengguna bisa mengakses dan memodifikasi peraturan di dalamnya.
    Cara kerja SSH menggunakan model client server jadi dengan begitu kita tidak perlu datang ke lokasi server.
    Kita juga dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat.

  49. Dari bacaan diatas dapat disimpulkan bahwa pengelolahan server dapat dilakukan dengan jarak jauh tanpa datang ke lokasi fisik server yaitu dengan menggunakan SSH, adapun cara kerja SSH tersebut menggunakan model client-server. Dengan SSH kita dapat mengelola komputer/perangkat desktop tanpa harus menyentuh.

  50. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian sangat memudahkan pelanggan karena mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  51. Jadi kesumpilan saya, SSH memudahkan mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.
    Anda dapat menggunakan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat pd jaringan yg sama tanpa harus menyentuhnya.
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server.
    Jadi password yang dipakai SSH client dan server harus sama.
    Remote Access dibagi menjadi dua jenis yaitu teks dan gui.
    Untuk mengakses SSH Server melalui jaringan, dibutuhkan aplikasi tambahan yang dinamakan SSH Client.

  52. Menurut kesimpulan saya,SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada didalam server.
    SSH dapat mengirimkan input dari SSH client ke host (server) kemudian mengirimkan kembali hasilnya kembali ke user client. Kita bisa menggunakan SSH disistem windows dan linux. SSH memudahkan kita untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.
    Kita juga bisa memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada dijaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server.SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan pasword kriptografi untuk memferifikasi dan mengidentifikasi SSH server.

  53. Kita dapat mempelajari SSH ( SEHURE SHELL CONNECTION ) dan memahami :
    Apa itu SSH?
    Cara kerja SSH
    Remote Access ( SSH server)
    Instalasi SSH pada Debian 10 buster
    Konfigurasi SSH
    Pengujian SSH
    Pengujian Remote Server menggunakan putry di windows

  54. Jadi kesimpulannya kemajuan teknologi memudahkan kita untuk melakukan berbagai hal diantaranya adalah mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.

  55. Kesimpulan: SSH(Secure Shell Connection) merupakan aplikasi untuk mengakses pengaturan maupun file dalam server secara remote, yang terjamin koneksi enkripsinya. Cara kerjanya menggunakan metode client-server, misal pada sistem Windows/Linux menggunakan aplikasi Putty.
    Remote Access nya pun menggunakan 2 mode:
    1. Mode Dekstop/GUI
    2. Mode Teks

  56. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. Remote Access dibagi menjadi dua jenis;1.Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), 2.Mode teks.

  57. Jadi menurut saya , SSH adalah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing . Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.
    Enkripsi yang digunakan oleh SSH dimaksudkan untuk memberikan kerahasiaan dan integritas data melalui jaringan yang tidak aman, seperti Internet.

  58. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.
    Berbeda dengan Telnet, koneksi SSH dienkripsi menggunakan beberapa teknologi, seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing.
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.
    Remote Access adalah salah satu teknologi yang digunakan untuk mengakses suatu system melalui media jaringan.

    Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;

    1. Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

    Konfigurasi SSH Server tersebut, edit file sshd_config yang merupakan file konfigurasi utama pada SSH Server.

  59. Jadi menurut saya SSH atau dikenal dengan secure shell connection adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. jadi ssh memudahkan anda untuk mengelola server tanpa harus datang kelokasi fisik server.
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.
    Secara umum, Remote Access dibagi menjadi dua jenis;
    1. Mode Desktop / GUI (Graphical User Interface), misalnya Remote Desktop, VNC, dan Radmin.
    2. Mode Teks, misalnya telnet, ssh, raw, Rlogin dan serial.

  60. Jadi menurut kesimpulan saya, ssh adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.
    Koneksi ssh dienkripsi menggunakan beberapa teknologi seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing.
    Cara kerja ssh menggunakan model client server, jadi ssh memudahkan anda untuk mengelola server tanpa harus datang kelokasi fisik server.
    Remote access(ssh server) dibagi menjadi 2 yaitu mode dekstop/GUI dan mode teks.

  61. Dari materi tersebut dapat saya sinpulkan bahwa kemajuan teknologi membuat penggunanya dapat mengontrol perangkat yang jaraknya sangat jauh. Salah satunya adalah berkat adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.

  62. Saya dapat menyimpulkan bahwa kemajuan teknologi membuat penggunanya dapat mengontrol perangkat yang jaraknya sangat jauh. Salah satunya adalah berkat adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.
    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client-server. Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server.

  63. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian sangat bermanfaat bagi semua orang karena dengan adanya SSH memudahkan kita untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, kita juga dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  64. Saya dapat menyimpulkan bahwa ssh adalaah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server,
    Koneksi ssh dienkripsi menggunakan beberapa teknologi seperti enkripsi simetris, enkripsi asimetris, dan hashing.
    Cara kerja ssh menggunakan model client-server.
    Remote access ssh server dibagi menjadi 2 yaitu mode dekstop/GUI dan mode teks.
    Jadi ssh memudahkan anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  65. Merut kesimpulan saya administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan.Administrasi sistem Linux dapat bermacam-macam diantaranya adalah instalasi aplikasi, update sistem, dan backup data. SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol akses jarak jauh yang banyak digunakan di Linux.
    Dan juga Remote access sangt bermanfaat utk melakukan kontrol akses terhadap sebuah perangkat dari jarak jauh.Remote access dpt di gunakan semua sistem oprasi oleh program yg memiliki fitur remote dekstop selama keduanya saling terhubung dalam suatu jringan baik itu sehingga dpt di gunakan scara umum dan penggunaannya lebih luas

  66. Dengan kemajuan teknologi kita dapat mengotrol perangkat jarak jauh . salah satu nya dengan protokol SSH yakni memudah kan kita dalam memberi resource pada hardware dan software dengan mudah dan kita juga dapat dengan mudah mengatur dan mengelola komputer maupun desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut…

  67. Saya dapat menyimpulkan bahwa adminiatrasi sistem jarak jauh pada operasi debian dapat digunakan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server dan SSH, memudahkan anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  68. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian Salah satunya adalah adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH memungkinkan untuk melakukan remote server atau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan,yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server dan memudahkan pelanggan karena mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  69. Dari bacaan di atas dapat di simpulkan bahwa pengelolaan server dapat di lakukan dengan jarak jauh tanpa datang ke lokasi fisik server yaitu dengan menggunakan SSH, adapun cara kerja SSH tersebut menggunakan model client-server. Dengan SSH kita dapat mengelola komputer/perangkat desktop tanpa harus menyentuh.

  70. Saya dapat menyimpulkan bahwa adminiatrasi sistem jarak jauh pada operasi debian dapat digunakan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server dan SSH, memudahkan untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  71. Kesimpulannya
    Administrasi sistem jarak jauh menggunakan protokol SSH memungkinkan pengguna melakukan remote server atau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan jarak jauh. Keuntungannya protokol SSH menggunakan mode client-server yang menjamin keamanan data pengguna dengan melakukan enkripsi disetiap pengiriman data.

  72. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian sangat berguna dan bermanfaat . Dengan adanya SSH , memungkinkan kita untuk melakukan pengoperasian server dari jarak jauh sehingga para pengoperasi tidak mengalami kendala , dan Saya dapat menyimpulkan bahwa SSH itu sangat berguna dan bermanfaat di era globalisasi modern seperti ini .Jadi SSH memudahkan kita untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, kita dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  73. Dari materi Administrasi sistem Jarak Jauh dapat disimpulkan bahwa kemajuan teknologi dapat mengontrol perangkat pada sistem operasi Debian yang mempunyai jarak sangat jauh. Salah satu perangkatnya yaitu SSH atau dikenal dengan Secure Shell Connection yang merupakan pengembangan dari Telnet, dengan cara kerjanya menggunakan model Client-Server. SSH digunakan untuk pengguna mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada didalam server. Jadi, SSH bisa disebut dengan Remote yang memudahkan untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server, dan perangkat otomatis akan berjalan sendiri sesuai server.

  74. Saya dapat menyimpulkan bahwa SSH juga dapat mengirim input dari SSH client ke host (server) kemudian mengirimkan kembali hasilnya kembali ke user client.jadi jika melakukan koneksi SSH ke alamat ip server, anda dapat mengubah konfigurasi yang ada di dalam server sesuai dengan user yang dipakai. Kita bisa menggunakan SSH di sistem Windows dan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, terdapat aplikasi SSH yang cukup terkenal, yaitu Putty.

    Jadi SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  75. Saya dapat menyimpulkan bahwa SSH merupakan salah satu hal yang sangat perlu dipelajari. Apalagi jika sering berhubungan dengan koneksi client-server. Meskipun sudah ada Telnet sebelumnya, tapi belum bisa menjamin keamanan koneksi yang dihasilkan. Sedangkan SSH mampu mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya.

  76. Saya menyimpulkan bahwa SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  77. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH memungkinkan untuk melakukan remote server atau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan,yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server dan memudahkan pelanggan mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  78. Saya dapat menyimpulkan bahwa SSH merupakan salah satu hal yang sangat perlu dipelajari. Apalagi jika sering berhubungan dengan koneksi client-server. Meskipun sudah ada Telnet sebelumnya, tapi belum bisa menjamin keamanan koneksi yang dihasilkan. Sedangkan SSH mampu mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya.

  79. Menurut materi yang sudah disampaikan diatas dapat disimpulkan SSH merupakan sebuah petunjuk dalam administrasi yang memungkinkan si pengguna dapat mengakses dan mengatur langsung sebuah perangkat komputer dalam jarak jauh menggunakan koneksi internet, dengan cara kerjanya paswordnya SSH Client dan SSH Server harus sama melalui sistem verifikasi yang aman

  80. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian Salah satunya adalah adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH memungkinkan untuk melakukan remote server atau perangkat lain yang terkoneksi dengan jaringan,yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server dan memudahkan pelanggan karena mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  81. saya dapat menyimpulkan bahwa Kemajuan teknologi membuat penggunanya dapat mengontrol perangkat yang jaraknya sangat jauh. Salah satunya adalah berkat adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection.Jadi SSH memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  82. Dari materi Administrasi Sistem Jarak Jauh saya dapat menyimpulkan bahwa kemajuan teknologi membuat semua penggunanya dapat mengontrol perangkat yang jaraknya sangat jauh. Salah satunya adalah adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection. SSH juga memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, Anda dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  83. Saya menyimy bahwa SSH memudahkan kita untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server. Tidak hanya server saja, kita dapat memanfaatkan SSH untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  84. Secara umum Ada 2 Remote Access:
    Yaitu mode desktop dan mode teks

    Dan Keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada.

  85. Jadi saya menyimpulkan bahwa adminitrasi sistem jarak jauh memudahkan anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server dan mengelola komputer maupun perangkat desktop yang ada di jaringan yang sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

  86. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian sangat memudahkan pelanggan karena mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  87. Saya bisa menyimpulkan bahwa administrasi jarak jauh dapat memudahkan Anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server.

  88. remote server adalah server yang anda akses sebagai bagian dari proses client tanpa membuat koneksi terpisah.kegunaan remote server yaitu mengendalikan komputer dengan jarak jauh.
    SSH adalah protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan
    Mengganti banner pada SSH berfungsi sebagai penghias agar user yang login tidak bosan dengan tampilan login di putty
    Dengan mengganti port kita bisa memakai angka yang kita suka untuk menjadi port dan tidak hanya terpaku dengan port 22
    Dengan membatasi hak akses user,tidak sembarang user dapat mengakses/meremote server kita.
    Dengan meremote server dengan key authentication kita bisa melindungi server dari orang orang yang berniat iseng pada server kita

  89. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian adalah administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. SSH merupakan pengembangan dari Telnet yang sebelumnya dianggap tidak aman karena tidak adanya proses enkripsi.
    kita akan mendapatkan Keuntungan dari jaringan komputer yaitu memudahkan kita dalam berbagi resource hardware ataupun software yang ada.
    Jika melakukan koneksi ssh ke alamat ip server anda dapat mengubah konfigurasi yang ada dalam server sesuai dengan user yang di pakai, ssh memudahkan anda untuk mengelola server tanpa harus datang ke lokasi fisik server, tidak hanya server saja, anda dapat memanfaatkan ssh untuk mengatur dan mengelola komputer maupun perangkat dekstop yg ada di jaringan yg sama tanpa harus menyentuh perangkat tersebut.

    Cara kerja protokol SSH adalah menggunakan model client server, Jadi koneksi yang terjadi adalah SSH client melakukan koneksi ke SSH server. SSH client melakukan proses koneksi dan menggunakan password kriptografi untuk memverifikasi dan mengidentifikasi SSH server. Selama password yang dipakai SSH client tidak sama dengan SSH server maka koneksi tidak akan pernah dapat tersambung.

  90. saya dapat menyimpul kan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian itu sangat menguntungkan bagi penggunanya karna tidak harus datang sendiri ke lokasi fisik server dan keamanannya pun sudah dijamin.

  91. Saya dapat menyimpulkan bahwa SSH adalah salah satu hal yang sangat perlu saya pelajari, terutama jika ingin menjadi programmer. Apalagi jika sering berhubungan dengan koneksi client-server. Walaupun sudah ada Telnet sebelumnya, tapi belum bisa menjamin keamanan koneksi yang dihasilkan.
    Keunggulan SSH mampu mengamankan pertukaran data yang sedang terjadi menggunakan berbagai macam teknologi enkripsi yang diperolehnya. Ada banyak juga keunggulan lainnya yang bisa digunakan oleh pengguna terkait SSH ini.
    Selanjutnya dari artikel ini menjelaskan tentang SSH dan cara kerjanya ini dapat bermanfaat untuk saya,

  92. Saya dapat menyimpulkan bahwa administrasi sistem jarak jauh pada sistem operasi debian Bagi administrator jaringan administrasi jarak jauh merupakan hal yang umum dilakukan. Dengan ini seorang administrator tidak perlu berada pada lokasi server. Administrasi sistem Linux dapat bermacam-macam diantaranya adalah instalasi aplikasi, update sistem, dan backup data. Di Linux terdapat banyak aplikasi yang memungkinkan user untuk mengakses komputer dari jarak jauh. SSH (Secure Shell) merupakan salah satu protokol akses jarak jauh yang banyak digunakan di Linux.
    Dan juga Remote access sangt bermanfaat utk melakukan kontrol akses terhadap sebuah perangkat dari jarak jauh, hal ini sngt efektif dan efisien dalam mengoptimalkan pekerjaan administrasi sistem sebuah perangkat tnpa harus selalu bersentuhan langsung dgn perangkat servernya
    Yang terakhir Remote access dpt di gunakan semua sistem oprasi oleh program yg memiliki fitur remote dekstop selama keduanya saling terhubung dalam suatu jringan baik itu LAN,WAN(internet),sehingga penggunaannya lebih luas dan dpt di gunakan scara umum *BAGUS

  93. Dari materi Administrasi Sistem Jarak Jauh saya dapat menyimpulkan bahwa kemajuan teknologi membuat semua penggunanya dapat mengontrol perangkat yang jaraknya sangat jauh. Salah satunya adalah adanya SSH atau dikenal dengan secure shell connection.SSH adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server. *Telah di cek oleh Faisal Akhmad, S.Pd

Leave a Comment