Pengenalan Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.

Dalam bertukar data atau informasi, pasti ada pihak yang menerima dan pihak yang memberi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server.

Jaringan komputer dibangun dengan melibatkan komponen hardware dan software. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dikoneksikan melalui kabel maupun nirkabel sebagai media transmisi data, dan terdapat software sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan yang sederhana.

Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Pertimbangan inilah yang juga menjadi manfaat dari sebuah jaringan komputer. Apa saja manfaat yang kamu dapatkan dalam membangun jaringan komputer?

  1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya)
    Dengan memanfaatkan jaringan komputer, kita bisa lebih mudah melakukan resource sharing tanpa terkendala jarak, Resource sharing sendiri meliputi :
    • Data Sharing, Dengan adanya jaringan komputer saat ini kamu bisa dengan mudah berbagi data seperti dokumen, gambar, video, dll.
    • Hardware Sharing, Jika dulu satu perangkat komputer hanya untuk satu printer, dengan memanfaatkan jaringan komputer saat ini kamu bisa gunakan satu printer untuk digunakan oleh beberapa komputer sekaligus.
    • Internet Access Sharing, Dengan adanya jaringan komputer, Jaringan yang kecil memungkinkan beberapa komputer berbagi satu koneksi internet. Cukup dengan memanfaatkan perangkat jaringan komputer yaitu router untuk bisa membagi alokasi bandwitch.
  1. Connectivity dan Communication
    Dengan adanya jaringan komputer, seorang Individu dalam sebuah gedung atau workgroup dapat saling berkoneksi dalam jaringan LAN. Ketika jaringan sudah terbentuk dan terhubung dengan koneksi internet, Maka koneksi ddan komunikasi antar user tadi bisa terjadi, misalnya dengan menggunakan teknologi email.
  2. Data security dan Management
    Jaringan juga bermanfaat untuk memberikan kemudahan bagi administrator untuk melakukan managemen data-data penting perusahaan dengan jauh lebih baik. Sebuah data akan lebih aman dan lebih mudah dicari ketika data tersebut disimpan secara terpusat. Dan dengan memanfaatkan Shared Server maka karyawan bisa lebih mudah dalam mencari data, Administrator pun juga bisa lebih mudah dalam melakukan backup data.
  3. Performance Enhancement dan Balancing
    Sebuah jaringan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja dari beberapa aplikasi dengan cara melakukan distribusi tugas komputasi pada beberapa komputer pada jaringan. Sehingga bisa lebih mudah untuk melakukan pembagian tugas.
  4. Entertainment
    Jaringan bisa dimanfaatkan untuk keperlua hiburan, Seperti memainkan game online, mencari informasi di internet atau sekedar menonoton video yang berada di internet. Bisa dikatakan entertainment termasuk dalam manfaat jaringan komputer.

Kekurangan Jaringan Komputer

  1. Biaya Network Hardware, Software dan Setup
    • jaringan komputer tidak terbentuk begitu saja, membuat jaringan komputer tentu membutuhkan investasi hardware dan software, perencanaan, design jaringan, dan implementasi jaringan.
  2. Biaya Managemen Hardware/Software dan Administrasi
    • Jaringan komputer membutuhkan perawatan dan pemeliharaan secara berkala oleh IT profesional.
  3. Sharing yang Tidak Diinginkan
    • Disamping kemudahan dalam melakukan sharing informasi, ada resiko dimana file yang disharing terinfeksi virus komputer, sehingga bisa dengan mudah tersebar.
  4. Perilaku yang Ilegal atau Tidak Diinginkan
    • Hampir sama dengan point sebelumnya, jaringan komputer memudahkan untuk berkomunikasi, akan tetapi membawa resiko lain, seperti mengambil atau memproduksi konten ilegal, pembajakan, dll.
  5. Data Security Concerns
    • pada jaringan komputer yang diimplementasikan dengan baik, keamanan data bisa tetap terjaga. Sebaliknya, jika implementasi yang terkesan asal – asalan, maka data yang ada dalam jaringan tersebut juga dalam bahaya. Serangan hacker mungkin saja terjadi, sabotae, atau yang cukup riskan adalah upaya untuk mencuri dokumen penting perusahaan.

Jawablah pertanyaan dibawah !

  1. Buatlah kesimpulan dari materi Pengenalan Jaringan Komputer diatas !
  2. Tulis jawabanmu pada kolom komentar dibawah, Tuliskan Nama Lengkap dan Email pada kolom yang telah di sediakan !

34 thoughts on “Pengenalan Jaringan Komputer”

  1. 1. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.

  2. 1. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.

  3. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi dalam bertukar data atau informasi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server. Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Manfaat membangun sebuah jaringan komputer yaitu:
    1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya).
    2. Connectivity dan Communication.
    3. Data security dan Management.
    4. Performance Enhancement dan
    Balancing.

    =>kekurangan:
    1.Biaya Network Hardware, Software
    dan Setup.

  4. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devince atau lebih saling terhubung baik secara visik maupun logika untuk berkomunikasi atau bertukar informasi

  5. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, aplikasi maupun berbagi perangkat keras komputer.

  6. Dari penjelasan yang telah saya baca saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer memiliki banyak manfaat meski begitu harus tetap memperhatikan kekurangan-kekurangannya.

  7. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Manfaat dalam membangun jaringan adalah resource sharing (berbagi sumber daya),connectivity dan comunication, data security dan management, performance enhacement dan balancing (untuk meningkatkan kinerja aplikasi), entertainment. Sedangkan kekurangan dari jaringan komputer meliputi, biaya network hardware, software dan setup, biaya management hardware/software dan administrasi, sharing yang tidak diinginkan, perilaku ilegal, dan data security concerns.

  8. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua device berhubungan secara fisik dan logika untuk bertukar infinformasi.

  9. Jaringan komputer merupakan dua atau lebih komputer yang saling terkoneksi dalam
    sebuah jaringan yang mana mereka mempunyai kemampuan untuk saling
    berkomunikasi dan bertukar informasi melalui media komunikasi. Jaringan komputer
    dibentuk oleh perangkat-perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak
    (software)

  10. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua device berhubungan secara fisik dan logika untuk bertukar infinformasi dan data,pihak pengirim biasa disebut serverdan pihak penerima disebut client.
    Dalam membangun sebuah jaringan komputer diperlukan software dan hardware.
    Namun,jaringan komputer memiliki manfaat dan kekurangan

  11. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi dalam bertukar data atau informasi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server. Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Manfaat membangun sebuah jaringan komputer yaitu:
    1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya).
    2. Connectivity dan Communication.
    3. Data security dan Management.
    4. Performance Enhancement dan
    Balancing.
    5. Entertainment.
    =>kekurangan:
    1.Biaya Network Hardware, Software
    dan Setup.
    2. Biaya Managemen
    Hardware/Software dan Administrasi

  12. jaringan komputer adalah koneksi yg memungkinkan 2 devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika, ada juga manfaat dalam membangun jaringan komputer kita bisa lebih mudah melakukan resource sharing tanpa terkendala jarak.

  13. Saya dapat menyimpulkan jaringan komputer adalah koneksi yg memungkinkan 2 devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi, ada juga manfaat dalam membangun jaringan komputer kita bisa lebih mudah melakukan resource sharing tanpa terkendala jarak.

  14. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Manfaat dalam membangun jaringan adalah resource sharing (berbagi sumber daya),connectivity dan comunication, data security dan management, performance enhacement dan balancing (untuk meningkatkan kinerja aplikasi), entertainment. Sedangkan kekurangan dari jaringan komputer meliputi, biaya network hardware, software dan setup, biaya management hardware/software dan administrasi, sharing yang tidak diinginkan, perilaku ilegal, dan data security concerns.

  15. Jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara logika yang saling bertukar data atau informasi.
    *Pihak penerima layanan disebut Client.
    *Pihak yang memberikan layanan disebut Server

    Manfaat :
    ☆ Resource Sharing ( berbagi sumber daya )
    ☆ Connectivity dan Management
    ☆ Performance Enhancement dan Balancing
    ☆ Entertainment

    Kekurangan :
    ☆ Biaya Network Hardware, Sortware dan Setup
    ☆ Biaya Managemen Hardware atau Software dan Administrasi
    ☆ Sharing yang tidak diinginkan
    ☆ Perilaku yang ilegal
    ☆ Data security concerns

  16. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.Dalam bertukar data atau informasi, pasti ada pihak yang menerima dan pihak yang memberi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server
    A. manfaat membangun jaringan komputer?
    1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya)
    2. Connectivity dan Communication.
    3. Data security dan Management
    4. Performance Enhancement dan Balancing
    5. Entertainment
    B. Kekurangan Jaringan Komputer
    1. Biaya Network Hardware, Software dan Setup
    2. Biaya Managemen Hardware/Software dan Administrasi
    3. Sharing yang Tidak Diinginkan
    4. Perilaku yang Ilegal atau Tidak Diinginkan
    5. Data Security Concerns

  17. Saya dapat menyimpulkan bahwa Jaringan Komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua perangkat atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logis yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi ,dan dapat dilakukan meski jaraknya jauh.
    Manfaat dalam membangun jaringan adalah berbagi sumber daya, konektivitas dan komunikasi, keamanan dan manajemen data, peningkatan kinerja dan keseimbangan (untuk meningkatkan kinerja aplikasi), hiburan.

  18. jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Manfaat dalam membangun jaringan adalah resource sharing (berbagi sumber daya),connectivity dan comunication, data security dan management, performance enhacement dan balancing (untuk meningkatkan kinerja aplikasi), entertainment. Sedangkan kekurangan dari jaringan komputer meliputi, biaya network hardware, software dan setup, biaya management hardware/software dan administrasi, sharing yang tidak diinginkan, perilaku ilegal, dan data security

  19. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih dapat saling terhubung dan bertukar data dan informasi dengan baik dan bermanfaat bagi penggunanya,untuk berkomunikasi dengan orang lain.

  20. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih dapat saling terhubung dan bertukar data dan informasi dengan baik dan bermanfaat bagi penggunanya,untuk berkomunikasi dengan orang lain

  21. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi dalam bertukar data atau informasi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server. Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Manfaat membangun sebuah jaringan komputer yaitu:
    1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya).
    2. Connectivity dan Communication.
    3. Data security dan Management.
    4. Performance Enhancement dan
    Balancing.

    =>kekurangan:
    1.Biaya Network Hardware, Software
    dan Setup.

  22. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi. Manfaat dalam membangun jaringan adalah resource sharing (berbagi sumber daya),connectivity dan comunication, data security dan management, performance enhacement dan balancing (untuk meningkatkan kinerja aplikasi), entertainment. Sedangkan kekurangan dari jaringan komputer meliputi, biaya network hardware, software dan setup, biaya management hardware/software dan administrasi, sharing yang tidak diinginkan, perilaku ilegal, dan data security concerns.

  23. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi dalam bertukar data atau informasi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server. Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Manfaat membangun sebuah jaringan komputer yaitu:
    1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya).
    2. Connectivity dan Communication.
    3. Data security dan Management.
    4. Performance Enhancement dan
    Balancing.
    5. Entertainment.
    =>kekurangan:
    1.Biaya Network Hardware, Software
    dan Setup.
    2. Biaya Managemen
    Hardware/Software dan Administrasi

  24. Saya dapat menyimpulkan jaringan komputer adalah koneksi yg memungkinkan 2 devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun logika, ada juga manfaat dalam membangun jaringan komputer kita bisa lebih mudah melakukan resource sharing tanpa terkendala jarak.

  25. Jaringan Komputer adalah koneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi dalam bertukar data atau informasi. Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server. Ada beberapa pertimbangan mengapa kita harus membangun sebuah jaringan komputer. Manfaat membangun sebuah jaringan komputer yaitu:
    1. Resource Sharing (Berbagi Sumber Daya).
    2. Connectivity dan Communication.
    3. Data security dan Management.
    4. Performance Enhancement dan
    Balancing.
    5. Entertainment.
    =>kekurangan:
    1.Biaya Network Hardware, Software
    dan Setup.
    2. Biaya Managemen
    Hardware/Software dan Administrasi

  26. Saya dapat menyimpulkan bahwa Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

  27. Saya menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalahkoneksi yang memumungkinkan dua devices atau lebih saling terhubung baik secara fisik maupun secara logika yang saling berkomunikasi untuk bertukar data atau informasi.Pihak penerima layanan disebut Client, sedangkan yang memberikan layanan disebut Server.

  28. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer adalah koneksi yang memungkinkan dua devices atau lebih dapat saling terhubung dan bertukar data dan informasi dengan baik.Dalam bertukar informasi pihak penerima informasi disebut (client) dan pihak pemberi disebut (server). *JAWABANMU TERLALU PANJANG

  29. Saya dapat menyimpulkan bahwa jaringan komputer itu memiliki beberapa manfaat, yaitu bisa melakukan proses pengiriman data secara cepat dan efisien, membantu berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, dll.

Leave a Comment